Kisah Nabi Adam 'Alaihissalam (3): Iblis Merasuki Seluruh Anggota Tubuh Adam As. Saat Diciptakan Kecuali Hati

KEMUDIAN Allah Swt. menciptakan wujud Nabi Adam As. dengan panjang (tinggi) 60 dzira’. Pada anatomi tubuhnya terdapat 360 otot kecil, 240 otot besar dan bagian kepalanya terdapat 7 lubang, serta memberinya 2 tangan dan 2 kaki, dan lain sebagainya. Dan sempurnalah ciptaan Allah, Maha Suci Allah sebaik-baiknya Dzat yang menciptakan para makhluk.
Abu Musa al-Asy’ari Ra. mengatakan bahwa ketika Allah Swt. menciptakan kemaluan Adam As., Ia berfirman, “Ini adalah amanah-Ku, maka janganlah engkau gunakan kecuali pada haknya.”
Ibnu Abbas Ra.berkata: “Allah menciptakan 3 perkara dengan Yadnya sendiri; (1) Adam As., (2) Pohon Thuba, dan (3) Papan yang di dalamnya tertulis Kitab Taurat.” Maksud dari Yad adalah kekuasaan Allah. Sebagaimana yang telah difirmankan dalam QS. Yasin ayat 82, “Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, ‘Jadilah’, maka terjadilah ia.”
Ibnu Abbas Ra. juga berkata, “Ketika Nabi Adam As. masih berbentuk bongkahan tanah liat, Iblis melewatinya dan mengetuk perut Nabi Adam dengan jarinya. Sebab ketukan itulah terbentuk pusar pada perut Nabi Adam As. Berati pusar adalah petilasan dari ketukan Iblis.”
Kenapa Iblis mengetuk perut Nabi Adam As., adalah karena ia penasaran dengan ciptaan Allah yang baru itu bisa berlubang ataukah buntu. Dan saat diketahui berlubang, maka Iblis masuk dalam perut Nabi Adam As. dan menelusuri ke setiap sendi luar dan dalam anggota-anggota tubuh itu hingga pada otot-otot terkecuali hati. Karena hati itu siapapun tidak bisa menembusnya selain Allah Swt. Iblis tidak diberi kemampuan menerobos hati karena hati adalah Bait Rabbi (tempat mengimani Tuhan). Maka dikatakan bahwa sesungguhnya setan itu berjalan sebagaimana tempat aliran darah. [*]

Kisah ini dikutip dari Fanspage “Dukung NU Mendirikan TV NU Nusantara” yang disadur dari Kitab “Bada-i’ az-Zuhur fi Waqa-i’ ad-Duhur” Karya Al-Imam Jalaluddin Abdurrahman bin Abubakar As-Suyuthiy.

Tidak ada komentar: