Kisah Nabi Adam 'Alaihissalam (9): Bulan Madu Nabi Adam As. dengan Siti Hawa

TATKALA Nabi Adam As. bersama Siti Hawa sampai di surga, mereka melihat ranjang pengantin dari mutiara yang dilengkapi dengan 700 kursi dari mutiara merah dan di atasnya terdapat selimut dari sutra. Lalu malaikat berkata, “Wahai Adam dan Hawa, mendekatlah ke sini.”
Turunlah mereka berdua lalu duduk di atas pelaminan. Kemudian didatangkan kepada mereka dua dompol anggur yang setiap dompolnya sepanjang kira-kira perjalanan satu hari satu malam. Mereka makan dan minum berpesta ria di pertamanan surga. Jika Nabi Adam As. ingin bersenggama bersama Hawa, maka mereka masuk ke sebuah kubah yang terbuat dari mutiara dan batu zabarjad dan dipasanglah korden-korden sutra. Jika Siti Hawa berjalan maka di belakangnya diiringi para bidadari yang sangat banyak.
Ibnu Sunni mengatakan bahwa buah surga yang pertamakali dimakan Nabi Adam As. adalah buah bidara. Sedangkan Ibnu Abbas Ra. mengatakan bahwa buah yang pertamakali mereka makan adalah anggur. Dan yang terakhir mereka makan adalah buah jagung atau gandum, seperti penjelasan yang akan datang.
Di dalam surga mereka minum arak surga. Jika mereka meminumnya maka diliputi penuh kebahagiaan. Barangsiapa yang mencoba meminum arak dunia maka ia tidak bisa mencicipi minuman arak surga.
Wahb bin Munabbih berkata, “Petani jagung dan gandum akan senantiasa menghadapi kepayahan dan kerepotan sejak dari menanamnya, menuainya hingga menjadikannya tepung. Karena jagung dan gandum adalah makanan yang pertamakali dimakan atas kemaksiatan.”
Dalam riwayat lain diceritakan bahwa sesungguhnya yang pertamakali dimakan oleh orang-orang mukmin di surga adalah buah anggur. Sedangkan an-Naisaburi berkata bahwa yang pertamakali dimakan adalah hatinya ikan penyangga bumi, yang dengannya penduduk surga tahu masa berakhirnya dunia. [*]

Kisah ini dikutip dari Fanspage “Dukung NU Mendirikan TV NU Nusantara” yang disadur dari Kitab “Bada-i’ az-Zuhur fi Waqa-i’ ad-Duhur” Karya Al-Imam Jalaluddin Abdurrahman bin Abubakar As-Suyuthiy.

Tidak ada komentar: