Malam Harmoni Komunitas FUPK


DALAM rangka penutupan kegiatan akademik tahun ini, para santri Ma’had Bilingual IAIN “Walisongo,” Kamis (2/7), mengadakan kegiatan berupa malam keakraban dan panggung gembira. Acara yang dihelat di Aula Ma’had IAIN “Walisongo” yang terletak di kompleks Perumahan Depag, Ngalian, Semarang, itu berlangsung sangat meriah. Berbagai art performance ditampilkan para santri yang tergabung dalam komunitas mahasiswa Program Khusus Fakultas Ushuluddin (FUPK) itu.

Sebagai pembuka acara, dilakukan pembacaan syair-syair pujian dan kisah perjalanan hidup Sang Rasul yang termuat dalam kitab al-Barzanji. Penampilan ini sebagai bentuk kekaguman, apresiasi, dan keteladanan seorang hamba kepada Sang Nabi sebagai Pemimpin Agung mereka. Pembacaan syair pujian yang diiringi dengan alunan musik rebana memperkuat nuansa estetik seni musik yang khas. Ada unsur seni, budaya, dan spiritualitas yang membaur di sana.

Selanjutnya, masing-masing angkatan santri FUPK menampilkan art performance secara bergantian. Ada yang menampilkan lakon teater, musik, puisi, paduan suara, dan monolog. Uniknya, semua penampilan tersebut dikemas dalam bentuk yang segar, tidak kaku, dan penuh dengan nuansa satiris dan humor. Praktis, acara yang berlangsung selama hampir tiga jam itu penuh dengan tawa, sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi mereka.

Momen seperti inilah yang ditunggu-tunggu oleh para santri Ma’had Bilingual IAIN “Walisongo.” Sebuah momen yang menjadi sebentuk peneguhan atas eksistensi mereka di tengah mahasiswa IAIN yang lain. Sebuah momen yang menciptakan rasa kebersamaan, keakraban, dan kesatuan di antara mereka. Maka tak salah tema kegiatan malam itu adalah “Malam Harmoni Komunitas FUPK.”

Acara ditutup dengan tausiyah dan doa yang disampaikan oleh sesepuh komunitas FUPK sekaligus Dekan Fakultas Ushuluddin IAIN “Walisongo,” Dr. H. Abdul Muhayya, M.A. Kegiatan malam itu sungguh merupakan momen yang tak terlupakan bagi para santri. Layak sebagai sebuah refleksi sekaligus hiburan setelah satu semester terakhir ini mereka disibukkan dengan kegiatan-kegiatan akademik yang sangat padat. [*]

Tidak ada komentar: