Jiwa dan Kesehatan: Aset yang Tak Ternilai

DALAM kehidupan kita, kesehatan merupakan aset yang tak ternilai harganya. Dengan kesehatan, kita dapat melakukan segala aktivitas harian kita secara optimal. Kita dapat bekerja dengan baik untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita dan keluarga yang kita sayangi. Dengan kesehatan pula akan memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas-aktivitas sosial yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Kesehatan, dengan demikian, merupakan aset yang sangat berharga bagi kita. Karena itu ia harus kita lindungi secara sungguh-sungguh.

Permasalahan akan muncul ketika kesehatan mulai terganggu. Apabila kesehatan telah mengalami gangguan, hal-hal buruk pun mulai menimpa diri kita. Kita tidak dapat lagi bekerja sebagaimana biasa, sehingga pendapatan otomatis terhenti. Di samping itu, biaya perawatan dan pengobatan tentu menjadi kendala tersendiri bagi kita. Permasalahan akan bertambah buruk apabila penyakit yang kita derita adalah penyakit kronis yang memerlukan perawatan secara khusus. Ini tentu memerlukan dana yang tidak sedikit. Biaya akan semakin membengkak apabila perawatan memerlukan waktu lama. Akibatnya, dana keluarga yang sudah kita anggarkan untuk masing-masing pos dalam kebutuhan keluarga mau tak mau akan tersedot untuk biaya pengobatan kita. Pada gilirannya, dampak-dampak lanjutan akan menimpa kita dan keluarga kita. Apabila kondisi ini benar-benar terjadi, hal itu tentu merupakan mimpi buruk dan ancaman serius terhadap masa depan keluarga kita.

Sebenarnya segala risiko buruk seperti itu dapat kita antisipasi apabila kita mempunyai dana cadangan. Dana cadangan ini akan sangat bermanfaat ketika kita dihadapkan dengan kebutuhan-kebutuhan mendadak seperti pengobatan ketika kita atau keluarga kita ada yang sakit. Sebab, kita tidak pernah tahu hal-hal apa yang akan menimpa diri kita atau keluarga kita di masa depan. Meminjam ungkapan Master Oogway dalam film Kungfu Panda, “Tomorrow is a mystery,” hari esok merupakan misteri, sesuatu yang tidak bisa kita prediksi. Kita tentu saja berusaha dan berharap yang terbaik, namun dalam hidup ini kemungkinan-kemungkinan buruk tetap saja ada. Dalam kondisi seperti itulah dana cadangan memainkan peran dan fungsinya. Dengan mempunyai dana cadangan, khususnya untuk perawatan kesehatan, hidup kita akan lebih tenang.

Mengenai pengelolaan dana cadangan ini terdapat beberapa alternatif, di antaranya adalah melalui asuransi. Menggunakan asuransi berarti kita menyerahkan sejumlah dana kepada pihak bank/ perusahaan asuransi untuk dikelola. Dana yang secara rutin kita bayarkan tiap bulan tersebut dinamakan premi. Premi inilah yang akan meng-cover biaya perawatan kesehatan dan pengobatan kita apabila suatu saat kita mengalami gangguan kesehatan. Keuntungan menggunakan sistem asuransi adalah kita bisa lebih disiplin dalam menyisihkan dana. Di samping itu, kita juga akan merasa tenang karena tak lagi pusing memikirkan biaya pengobatan apabila suatu saat kita sakit. Pada akhirnya, asuransi kesehatan akan memberikan proteksi bagi kita dan keluarga kita, mencapai kualitas hidup yang lebih baik, terjaganya standar hidup keluarga kita, serta untuk optimalisasi dana yang kita miliki.

Dalam memilih asuransi kesehatan sebaiknya kita mempertimbangkan beberapa hal. Antara lain adalah: jenis perlindungan yang kita butuhkan, jumlah uang pertanggungan, mulai sedini mungkin, dan kredibilitas perusahaan tempat kita memercayakan pengelolaan dana kita. Untuk poin pertama dan kedua tentu menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kita, serta kemampuan finansial yang kita miliki. Sedangkan poin ketiga sangat penting, sebab semakin dini kita menyisihkan dana untuk asuransi kesehatan, semakin ringan premi yang kita bayarkan. Mengenai poin keempat, yakni kredibilitas perusahaan, hendaknya kita memilih lembaga keuangan yang tepercaya, berpengalaman, serta yang mempunyai pelayanan yang praktis dan ramah. Dalam konteks inilah Bank Central Asia (BCA) patut menjadi pilihan. Dengan pengalaman yang telah dijalaninya selama 55 tahun, BCA siap memberikan berbagai solusi perbankan kepada kita, termasuk dalam hal perlindungan kesehatan dan jiwa.

BCA yang dalam waktu dekat akan meluncurkan situs barunya berupa www.bca.co.id ini senantiasa berkomitmen untuk membantu dan mendampingi kita dalam mewujudkan rencana masa depan kita terhadap keluarga yang kita sayangi. Untuk memudahkan transaksi perbankan agar lebih praktis dan efisien, BCA juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat kita akses dengan mudah, yaitu ATM yang tersebar luas di berbagai daerah, internet banking, mobile banking, kartu prabayar, dan kartu kredit. Semua fasilitas itu disediakan BCA demi mewujudkan kemudahan transaksi bagi para nasabahnya.

Di samping itu, produk perbankan dan layanan perbankan yang dimiliki BCA sangat banyak dan bervariasi. Di antaranya adalah: produk simpanan dengan berbagai jenis dan variasinya, fasilitas kredit, layanan transaksi perbankan, layanan cash management, fasilitas ekspor-impor, fasilitas valuta asing, dan lain-lain. Bagi nasabah individual, BCA juga membantu kita dalam mewujudkan hunian ideal, kendaraan yang kita inginkan, rencana pendidikan bagi buah hati, investasi masa depan, jaminan perlindungan kesehatan dan jiwa, serta masih banyak lagi produk dan layanan yang lain. Semua produk dan layanan itu dipersembahkan oleh BCA semata-mata untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan para nasabahnya yang kian kompleks dan beragam. Pada akhirnya, semua itu bertujuan untuk mewujudkan kebebasan finansial bagi para nasabahnya.

Perlindungan Jiwa dan Kesehatan Adalah Investasi
Ungkapan “perlindungan jiwa dan kesehatan adalah investasi” dapat kita maknai menjadi dua hal. Pertama, perlindungan jiwa dan kesehatan merupakan modal bagi kita dalam menjalani segala aktivitas harian kita. Sebab tanpa kesehatan, kita tidak mungkin melakukan segala aktivitas itu dengan baik. Karena itulah ia disebut sebagai modal atau investasi, yakni sesuatu hal yang kita tanamkan untuk memeroleh hal lain yang lebih besar berupa keuntungan. Dengan melindungi kesehatan secara baik berarti kita telah menanamkan modal untuk mencapai produktivitas kerja yang optimal, serta menghasilkan income yang memadai untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita dan keluarga kita. Kedua, perlindungan jiwa dan kesehatan sebagai investasi dalam arti yang sesungguhnya. Dalam hal ini premi yang kita bayarkan untuk asuransi kesehatan berfungsi ganda, yakni untuk proteksi kesehatan dan jiwa, serta sebagai instrumen investasi. Dana kita akan dikelola oleh pihak bank/ perusahaan asuransi dan ditanamkan pada jenis-jenis investasi tertentu sehingga dapat berkembang.

Perlindungan jiwa dan kesehatan melalui asuransi yang digabungkan dengan investasi akan memberikan manfaat yang sangat besar kepada kita dan keluarga kita di masa depan. Dengan memilih fasilitas asuransi jenis ini berarti kita telah memberikan jaminan kepada keluarga kita terhadap dua hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, yakni kesehatan dan kemakmuran. Dua hal inilah yang merupakan idaman setiap orang. Dua hal ini pula yang merupakan dua dari beberapa sumber kebahagiaan dan ketenteraman jiwa seseorang. Dengan menjamin dua hal ini terhadap keluarga kita berarti kita telah memberikan sesuatu yang sangat berharga kepada mereka. Kita tentu bangga dan merasa bahagia apabila bisa melakukan hal itu.

Memang, hari esok adalah misteri. Namun langkah-langkah antisipasi dan proteksi dapat kita lakukan sejak dini. Semakin dini kita melakukan antisipasi, semakin siap kita menghadapi segala risiko. Semakin dini kita melakukan proteksi, semakin tenang perasaan di hati. [*]

Tidak ada komentar: