Kuliah Tasawuf (2): Hakikat
PARA SUFI menyebut diri mereka sebagai "ahl al-haqiqah" (pemilik
kebenaran). Penyebutan ini mencerminkan obsesi mereka terhadap kebenaran yang
hakiki. Karena itu, mudah dipahami kalau mereka menyebut Tuhan dengan Al-Haqq (Yang Mahabenar), seperti
tercermin dalam ungkapan al-Hallaj yang mengatakan "ana Al-Haqq" (aku adalah Tuhan). Obsesi terhadap hakikat
(realitas absolut) ini tercermin dalam penafsiran mereka terhadap formula "la ilaha illa Allah," yang
mereka pahami sebagai “tidak ada realitas sejati kecuali Allah.”
Bagi mereka, Tuhanlah satu-satunya yang hakiki dalam arti yang betul-betul ada,
dalam arti keberadaan yang absolut. Sedangkan yang lainnya keberadaannya
tidaklah hakiki, tapi nisbi, dalam arti tergantung pada kemurahan Tuhan. Dialah
yang Awal, Dialah yang Akhir, yang Lahir dan yang Batin, penyebab dari segala
yang ada, dan merupakan tujuan akhir, tempat mereka kembali. Ibarat matahari,
Dialah yang memberikan cahaya kepada kegelapan dunia, dan telah menyebabkan
terangnya objek-objek yang tersembunyi di dalam kegelapan tersebut. Dialah
pemberi wujud, sehingga benda-benda dunia menyembul dari persembunyiannya yang
panjang.
Al-Qur'an menggambarkan Tuhan sebagai Al-Awwal
dan Al-Akhir, Al-Zhahir dan Al-Bathin. Al-Awwal dipahami para sufi sebagai sumber
atau prinsip atau asal dari segala yang ada. Dia-lah causa prima, sebab pertama dari segala yang ada atau al-mawjudat di dunia. Dia Yang Akhir
diartikan sebagai "tujuan akhir" atau "tempat kembali" dari
segala yang ada di dunia ini, termasuk manusia. Dialah “Pulau Harapan” ke mana
bahtera kehidupan manusia berlayar. Dialah "Kampung Halaman" ke mana
jiwa manusia yang sedang mengembara di dunia ini rindu dan pada akhirnya pulang.
Dialah "Muara" ke mana perjalanan spiritual seorang sufi mengalir.
Dialah "Sang Kekasih" ke mana sang pencinta selalu mendamba
pertemuan. Inilah tujuan akhir, tempat sang sufi mengorientasikan seluruh
eksistensinya.
Di sisi lain, Tuhan juga digambarkan sebagai
"Yang Lahir" dan "Yang Batin" dan ini menggambarkan imanensi
dan transendensi Tuhan. Bagi para sufi, alam lahir (dunia inderawi) adalah
cermin Tuhan, atau "pantulan Tuhan dalam cermin." Bagi mereka, alam
lahir merupakan refleksi atau manifestasi (tajalliyat)
Tuhan. Karena itu, dari satu sisi ia tidak berbeda dari diri-Nya, tetapi dari
sisi yang lain ia tidak sama (identik) dengan-Nya. Ketidaksamaan atau tanzih-Nya
itu terletak pada sifat-Nya sebagai yang Batin. Sebagai yang Batin, Tuhan
berbeda dan mentransenden dari alam lahir. Dia adalah sumber, prinsip atau
sebab, sedangkan alam adalah turunan, derivat atau akibat dari-Nya. Tuhan
adalah mutlak, sedangkan alam adalah nisbi. Tuhan ibarat matahari, sedangkan
alam adalah cahayanya. Matahari tidak tergantung keberadaannya pada cahaya,
sedangkan cahaya sangat tergantung pada matahari. Sifat dasar diri-Nya adalah
niscaya atau wajib, sedangkan sifat dasar alam adalah adalah mungkin.
Pernyataan "la ilaha illa
Allah" ditafsirkan oleh para Sufi sebagai penafian terhadap eksistensi
dari yang selain-Nya, termasuk eksistensi diri mereka sebagai realitas. Konsep "fana’" atau "fana'
al-fana' " adalah ekspresi Sufi akan penafian dirinya, sedangkan konsep "baqa'" adalah afirmasi
terhadap satu-satunya realitas sejati, yaitu Allah, atau Tuhan yang diekspresikan
dalam formula itu sebagai "illa
Allah." Fana' dan baqa' dipandang sebagai
"stasiun" (maqam) terakhir
yang dapat dicapai oleh seorang sufi. Para sufi berdaya upaya untuk sedapat
mungkin mencapai maqam tersebut,
termasuk membunuh egonya sendiri yang dipandang sebagai kendala (atau menurut
istilah mereka 'berhala terbesar') yang bisa menghalangi perjalanan spiritual
mereka menuju Tuhan. Dengan begitu ibadah mereka di-"ikhlas"-kan atau dibersihkan dari segala unsur syirik
sebagai syarat diperkenankannya masuk ke Hadirat Tuhan. Rumi pernah berkata, "Dua ujung benang yang terpisah, bukan
untuk satu lobang jarum." [*]
Artikel berseri "Kuliah Tasawuf" pada rubrik "Tasawuf - Filsafat" ini merupakan tulisan Prof. Mulyadhi Kartanegara.
Beliau adalah dosen pada Islamic College for Advanced Studies (ICAS) -
Paramadina, Jakarta, dan merupakan pakar di bidang tasawuf dan filsafat
Islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar