Kisah Nabi Adam 'Alaihissalam (1): Awal Mula Ditugaskannya Izrail As. Sebagai Malaikat Maut

IMAM ats-Tsa’labi mengatakan bahwa saat Allah Swt. hendak menciptakan Nabi Adam As., maka Allah Swt. mewahyukan pada bumi, “Sesungguhnya Kami akan menciptakan makhluk dari inti sarimu. Sebagiannya taat kepada-Ku dan sebagian lainnya durhaka kepada-Ku. Barangsiapa yang taat pada-Ku niscaya akan Kumasukkan ia di surga-Ku. Dan barangsiapa yang durhaka pada-Ku maka akan Kumasukkan ia ke neraka-Ku.”
Kemudian Allah Swt. mengutus Malaikat Jibril As. turun ke bumi untuk membawa segenggam tanah darinya. Tatkala Jibril As. sampai di bumi, bumi pun bersumpah, “Sungguh aku berlindung pada Allah Dzat Yang Mahamulia, yang mengutusmu. Kupinta agar engkau tidak mengambil sesuatu dariku yang akhirnya bernasib masuk ke dalam neraka.” Akhirnya Jibril As. pun tidak jadi mengambil tanah di bumi dan kembali menghadap kepada Allah Swt. seraya mengadu, “Bumi telah memohon perlindungan dari-Mu, maka saya pun tidak berani untuk mengambil sesuatu darinya.”
Kemudian Allah Swt. mengutus Malaikat Mikail As. turun ke bumi untuk mengambil segenggam tanah darinya. Bumi pun kembali bersumpah sebagaimana sumpahnya pada Jibril As. Maka Malaikat Mikail As. demi memuliakan sumpah itu, ia pun tidak jadi mengambil sesuatu dari bumi.
Lalu diutuslah Malaikat Izrail As. oleh Allah Swt. agar turun ke bumi dan menancapkan tombak yang ada kantongnya. Bumi pun bergoncang disusul dengan uluran tangan Malaikat Izrail As. Kemudian bumi pun bersumpah sebagaimana sebelumnya. Malaikat Izrail As. lalu berkata, “Taat atas perintah Allah itu lebih baik daripada menuruti sumpahmu.” Akhirnya Izrail As. mengambil segenggam tanah dari 4 sudut intisari bumi: tanah berwarna hitam dan putih, serta dua tanah merahnya gunung, bagian atas dan bawahnya. Lalu tanah tersebut diserahkan kepada Allah Swt.

Allah Swt. pun berfirman kepada Izrail As., “Kenapa engkau tidak menuruti sumpahnya? Padahal dia bersumpah atas nama-Ku.” Malaikay Izrail As. menjawab, “Wahai Tuhanku, perintah-Mu lebih berhak untuk dilaksanakan dan takut pada-Mu lebih diutamakan.” Allah Swt. lalu berfirman, “Mulai sekarang engkau Kujadikan sebagai Malaikat Maut. Tugasmu adalah sebagai pencabut nyawa, mengambil nyawa dari para jasad. Sebelum ini belum pernah ada Malaikat Maut.” [*]
Kisah ini dikutip dari Fanspage “Dukung NU Mendirikan TV NU Nusantara” yang disadur dari Kitab “Bada-i’ az-Zuhur fi Waqa-i’ ad-Duhur” Karya Al-Imam Jalaluddin Abdurrahman bin Abubakar As-Suyuthiy.

Tidak ada komentar: